Jumat, 02 Oktober 2015

Hal Menarik dalam Jurnal "Exploring New Geometric World"



Minggu lalu, saya mendapatkan sebuah jurnal untuk dibaca dari dosen sebagai salah satu tugas mata kuliahnya. Dalam jurnal yang berjudul “Exploring New Geometric World” saya menemukan hal-hal baru bagi saya yaitu :
            Terdapat 3 sistem geometri, di antaranya adalah Euclid, Taxicab dan LDG ( larger-distance geometry ). Sistem geometri ini menjelaskan tentang jarak antara dua titik. Perbedaan dari ketiga sistem tersebut adalah cara mendefinisikan jarak antara dua titik.
            Sedangkan dalam menjelaskan tentang kedudukan dua titik dari setiap sistem geometri pun berbeda-beda. Kedudukan dua titik dibagi menjadi 5, yaitu circle, betweenness, equidistance, ellipses, dan hyperbolas. Berikut ini saya akan membahas tentang  betweenness.
Himpunan semua titik P yang merupakan jumlah jarak P dan A dengan jarak P dengan B sama dengan jarak antara A dan B. Pada gambar di bawah ini dapat dijelaskan bahwa jarak antara A dan B  adalah 5 satuan berdasarkan sistem LDG. A dan B merupakan lingkaran yang memiliki jari-jari dengan jumlah 5. Lingkaran yang berwarna biru memiliki jari-jari 1 dan 4. Sedangkan lingkaran yang berwarna oranye memiliki jari-jari 1,5 dan 3,5 satuan. Sehingga solusi dari P adalah berbentuk persegipanjang Euclidean dengan interiornya dan sisinya memiliki kemiringan  +1 atau -1.
Apabila kedudukan dua titik berada pada satu garis vertikal ataupun horisontal maka kumpulan titiknya membentuk persegi Euclidean. Dan ketika kedudukan titik berada pada garis yang memiliki kemiringan +1 atau -1  maka solusinya adalah garis yang menghubungan kedua titik tersebut.

Sumber : Nirode, Wayne. 2015. Exploring New Geometric World. Mathematics Teacher. NCTM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar